Tubagus Arief Z-flamming art-Surosena Metamorfosis

http://wp.me/P22Vy9-4p

Di kamus bahasa Inggeris terjemah bahasa Indonesia, flamming berarti juga pemanasan. Maka flaming art berarti pula ‘seni pemanasan.’ ‘Seni pemanasan’ maksudnya dalam ikhtiar atau proses.

Terinspirasi sejak kecil menonton film serial agen 007 James Bond, yang di tulis oleh Ian Fleming. Bahkan pernah membaca 1-2 buku

English: Ian Fleming oil painting

English: Ian Fleming oil painting (Photo credit: Wikipedia)

lamanya serial petualangan agen 007 James Bond, dari peninggalan almarhum ayah, yang juga mantan tentara AL.

Di samping ada temannya bapak, (alm) sutradara CM Nas, juga suaminya temannya Ibu di Direktorat Jenderal bidang guru ketatabogaan Indonesia, pernah memberikan buku novel sejarah tulisannya, berjudul Mata-Mata Majapahit. Beliau juga pernah membuat film mengenai pertemanan. Dan beliau juga mantan tentara, sama dengan alm. Bapak.

Beliau novelis cerita spionase sekaligus pelukis. Di samping sama turunan bangsawan. Jika Ian Fleming bangsawan Inggeris. Maka pribadi bangsawan Jawa (dari 2 kerajaan besar : Majapahit-Pajajaran, kesultanan Gunungsepuh Banten Darussalam-Mataram.

Di mana ada kesamaanya bangsawan di sejarah dulunya ada hubungan antara kisah sebagai kerajaan, seni budaya dengan mililter dan spionase, lika-liku  cerita cinta, romantika gerilya kemerdekaan, demokrasi  jurdil ( demokrasi jujur dan adil) dan kemanusiaan.

Rupanya seni dan spionase bisa ada berhubungan pula. Misal di seni ada realisme, atau seniman sebagai pengamat realita. Dan seni juga bersifat esensi (intisari, saripati) estetika. Realisme juga interaksi subyektif di antara pluralitas realitas (Georg Lukacs, realisme sosialis).

Ian Fleming's image of James Bond; commissione...

Ian Fleming’s image of James Bond; commissioned to aid the Daily Express comic strip artists. (Photo credit: Wikipedia)

Atau seperti novelis Ian Fleming membuat pengamatan realita menjadi ilustrasi subyektif (anomali) ke karyanya, serial petualangan anomali-agen 007 James Bond.

Seperti para seniman juga'”anomali” dalam menciptakan karya masing-masing mengikuti hati nurani masing-masing. Anomali subjektif tapi tidak benar-benar sendiri, anomali tetap makhluk sosial, seperti juga pada cerita serial petualangan agen 007 James Bond, bahkan di kehidupannya Ian Fleming yang juga tidak jauh dari perempuan-perempuan, dengan petualangan romantikanya.

Jika di Majapahit dengan hubungan slogan negara, Gemah ripah loh janawi tata tenterem kertaraharja. Di seni budayanya, Mawayang buat Hyang.

Jika keluarga bangsawan, biasanya juga di perkirakan turut memiliki jatah warisan tanah sawah, kebun.

Seperti di babakan film Ian Fleming, ketika hendak menuliskan novelnya, bahkan hendak bertualang ke mancanegara, sempat di tentang ibunya. Lantaran Ian Fleming mesti juga mengurus tanah kebun warisan keluarga. Tapi Ian Fleming tetap dengan tekadnya untuk menjadi penulis novel-spionase, hingga muncul bukunya serial novel agen 007 James Bond.

Di samping ia juga membuat sketsa untuk novelnya, atau juga melukis dan menghasilkan karya lukisan. Mungkin ciri bangsawan termasuk demikian, seperti melukis, punya rasa imajiner atau pengkhayal, di samping tidak suka menjadi bawahan. Contohnya Pangeran Charles putera mahkota dari istana Wales juga melukis. Di samping berolahraga Polo.

Dan Ian Fleming juga sosok yang jujur sebagai pengkritik satir pada sosok kapital konglomerat yang  di antipatinya.

Surosowan-Tb Arief Z-art doc

Agen anomali novel komik Bondol-005 Tb Arief Z flamming-art dan Sean Connery Komander James Bond agen OO7

Maunya bebas. Di samping masih terdapat bawaan keturunan sebagai feodal istimewa kerajaan besar sejak masa silam. Maunya kerajaan besar sebagai kapitalis penguasa kewenangan di bumi ini, sesuai hak istimewanya.

Dan terdapat ucapannya Salahudin al-Ayub, seorang Raja tidak pantas berjalan kaki di bawah bersama-sama pasukannya. Sambil menitipkan salam dan pemberian kudanya pada Raja Richard.

Bahkan Salahudin dari panglima Sarasen di posisi oposisi (berlawanan) dengan Raja Richard pun memberikan kudanya padanya ketika ia terjatuh dari kudanya di Yerusalem.

Perbuatannya juga bermakna, pada Raja-raja pun demikian di berlaku amanat adil, menghargai hak-hak, di mana Raja atau putera mahkota, bangsawan juga punya hak istimewa/ privilige right, di antara HAM sesama manusia global.

Dan Inggeris seperti kerajaan sepuh di bangsa Eropa.  Juga kesultanan Banten Darussalam yang bahkan gunungsepuh dzuriyah internasional.

Tb Arief Z-art

Desain sketsa-Desain sketsa-1:Cover novel komik agen 005-Surosena : Dinasti Kerajaan Mamluk. By Tb Arief Z-art

Ada masanya di abad 11 m., seusai perang Salib, justru di bumi ini 2 kerajaan besar menjadi penguasa pusat di internasional, yakni kerajaan Mamluk  beribukota di Mesir, yang di dirikan oleh Salahudin al Ayub juga sebagai Sultan I Mamluk, kemudian menyerahkan takhta kembali pada putera mahkota Mesir, hingga menjadi penerus dinasti kekaisaran Sultan Mamluk. Dan keduanya adalah kerajaan Inggeris.

Hingga pada abad ke-13 m., penerus penguasa dinasti Mamluk, berpindah ke dinasti Syarif Abdulah, di mana ketika setelah menikah dengan puteri mahkota kemudian berdampingan menjadi Sultan dan Sultana Mamluk, Mesir, Sultana Mesir mangkat tanpa berketurunan dari pernikahan dengan Syarif Makhmud Abdulah.

Dan takhta tetap di pegang Sultan Makhmud Abdulah, yang kemudian menikah dengan putera kerajaan besar Sunda Pajajaran, Ni Rara Santang, dan berputera sulungnya Syarif Nurulah Hidayatulah  atau Ketua Dewan Walisongo periode 2, Wali Ki Sunan Gunung Jati, atau Wali Pandhita Ratu. Atau Ketua Wali khutub Masriki (khutub timur bumi) yang sejak masa silam di nobatkan oleh Syekh Abdul Qodir Jaelani, Ketua Wali Khutub Maghribi (barat) dan Masriki (timur).

Di masa dulu, Ketua Wali Khutub sama dengan Ketua umum umat Islam kaum Sunni internasional.

Kemudian putera sulungnya Syarif Hidayatulah atau Wali Ki Sunan Gunung Jati, ialah Maulana Hasanudin atau Pangeran Sebakingkin yang juga di warisi kesultanan Banten Darussalam, maka sejak itu pula kesultanannya di sebut pula kesultanan ageng gunungsepuh Banten Darussalam. Bahkan di abad 17m., dari pemberitahuan alm kakak sepupu, menjadi kekaisaran Sultan Banten Darussalam.

Maka ketika di abad 16m., Inggeris pernah datang untuk misi penjajahan di kesultanan Banten, kapal utusannya di jarah rayah dan di bakar. Utusannya Sir James ikut terbunuh.

Dan Ian Fleming juga menaruh daya khayal di kreasi novel spionasenya serial anomali-agen 007 James Bond. Yang bahkan sebagai anomali punya lisensi membunuh (anomali-licensed to kill). Tapi digunakannya pada musuh-musuh penjahat.

Bukannya kesultanan gunungsepuh Banten Darussalam juga punya hak kewenangan / hak otonomi demikian, berdasar memandang asal-usul istimewa kedaerahan (di UUD 45 pasal 18 BAB Otonomi Daerah) seperti tercantum tulisan ‘Dul Fakhar’ di sejarah persenjataannya. Persisnya di hak istimewa kewenangan keluarga putera mahkotanya.

Dul Fakhar adalah nama pedang Nabi Muhammad SAW., yang di berikan pada sayidina Ali ra., yang di angkat beliau SAW., sebagai Panglima. Dan pedang asli Dul Fakhar bentuknya lurus, besar, tajam, berbesi khusus dan tebal, karena sifat bentuknya lurus, di gunakan untuk meluruskan keadilan.

Adapun istilah perang salib sebenarnya berasal dari Paus Vatikan, Urbanus. Jika dari istilah Panglima besar Salahuddin, menyebutnya Jihad. Atau perjuangan gerilya sebagai bangsa terjajah pada penjajah, untuk mendapatkan kemerdekaan di tanah airnya.

Surosowan-Tb Arief Z-art

Desain sketsa-1: Hal pembuka komik: Novel komik agen 005-Surosena: Kedatangan VOC

Dan terdapat sabda Nabi Muhammad SAW., Jihad utama adalah pernyataan keadilan pada penguasa yang menzolimi. Di masa awalnya umat Islam juga menentang dan menghapuskan perbudakan, dan penindasan penguasa. Bahkan Nabi SAW., juga ada bersabda, ghulal (korupsi) itu termasuk dosa besar. Bahkan pada pemabuk pun, beliau SAW., enggan mengkerasi, melarang, tapi lantaran si pemabuknya yang minta di hukum, baru beliau SAW., jalankan. Sebagai kholifah dan Khotamannabi, beliau SAW., juga menjalankan pemerintahan negara dengan welas asih, perikemanusiaan. Juga ada sabdanya beliau SAW., Jangan melarang sesuatu yang belum di larang. Tapi beliau SAW., hanya menghukum keras pada pelaku kejahatan berencana/ sengaja.

Misal pada komplotan perampok (atau komplotan koruptor) yang mencuri unta harta istimewa beliau SAW., dan membunuh gembalanya. Kemudian tangan dan kakinya di potong bersilang dan di jemur di terik gurun hingga mati kehabisan darah.

Apalagi beliau SAW., juga mengajarkan” Janganlah kamu berlebih-lebihan.” Maksudnya dalam harta. Di samping beliau SAW., juga mencontohkan di kesehariannya hidup sederhana, dan jika ada kelebihan harta di bagi-bagikannya pada orang-orang fakir miskin.

Supaya ekonomi merata. Bahkan hingga masa sayidina Abu Bakar ra.,menjadi kholifah pengganti beliau SAW., juga hingga memerangi orang-orang kaya yang menolak bersedekah ke fakir miskin.

Tapi menimbun harta berlebih-lebihan hanya untuk dirinya. Ada juga yang menimbun kekayaan dengan korupsi.

Tb Arief Z-art

“Skandal ke-2 korupsi Indonesia. (2010). paint by Tb Arief Z.” Cat Mowilex dan pernis kayu di kanvas liman 120 X 100 cm

Bahkan di hadis Qudsi, Nabi SAW., memberitahu, ” Di akhirat, terdapat orang yang menolong fakir miskin. Alloh SWT., berkata, Mana orang yang memberikan kelapangan pada fakir miskin ketika di dunia. Maka Aku yang memberikan kelapangan padanya masuk ke surga.”

Dan Nabi SAW., juga bersabda,” Kemiskinan itu mendekati kekufuran.” Dengan maksud hadis ini, bahkan beliau SAW., juga sebagai kholifah juga memberi contoh giat membagi-bagikan mal (harta bumi) dan untuk menolong pada fakir miskin. Dengan mengentaskan kemiskinan, maka upaya manusia berkehidupan normal lantaran adil sejahtera sesungguhnya juga bisa terwujud.

Bahkan pada pendatang dari mancanegara yang fakir miskin, kekurangan perbekalan pun, beliau SAW., juga dengan segenap upayanya memberi pertolongan, untuk mencukupi perbekalannya.

Lantaran orang-orang fakir miskin juga termasuk golongan yang terzolimi, maka pula juga ada keistimewaan-keistimewaan pada orang-orang fakir miskin.

Surosowan-Tb Arief Z-flamm ingart

Desain sketsa-1 cover Novel komik petualangan agen 005-Surosena : Perjuangan Kemerdekaan. By Tb Arief Z.

Bahkan di Qur’an surat Nur, ALLOH SWT., berfirman, Nikahkanlah pemuda-pemudi yang masih melajang di antaramu. Nabi SAW., juga mencontohkan menikahkan pemuda miskin dengan perempuan yang tergolong ekonominya mampu. Bahkan pernah pula beliau SAW., yang ikut menyumbang memodali pada pemuda fakir miskin.

Atau di kisah beliau SAW., mengambil puteri bangsawan Yahudi Khoibar, Shufiyah binti Huyay ra., bahkan dengan mengklaim Shufiyah ra., jadi miliknya sebagai isteri, ketika sempat tadinya hendak di boyong Raja Dihyah (Raja Arab selatan) yang juga komandan regu pasukan.

Hikmat sunatuloh (ketentuan ALLOH) di terjemah cerita hadits ini, perempuan walau sedang di pinang (apalagi baru sekedar pacaran), bahkan oleh Raja atau Jenderal sekalipun, tapi jika di klaim Nabi SAW., atau dzuriyah gunungsepuh untuk di ambil dan di pinang sebagai isterinya, maka mesti mengalah. Dan pesan Nabi Ibrohim, kakek moyang Nabi-nabi dan dzuriyah pada puteranya Ismail ‘as., untuk memilih jodoh isteri yang baik, termasuk golongan istimewa dan beriman di umat manusia.

Bahkan Baginda Nabi Muhammad SAW., untuk melangsungkan pesta pernikahannya juga memerintahkan pada sekitar umat untuk membawakan apa saja kemampuan harta, hidangan, makanan dan minuman untuk menyelenggarakan pernikahannya.

Hikmat sunatuloh kisah ini terdapat kewenangan Baginda Nabi SAW., dzuriyah  bahkan sesama umat beriman, meminta jizyah/pajak pada sesama umat beriman di urusan ini.

Tapi juga ada hikmat mesti mendahulukan pada Baginda Nabi SAW., dzuriyah. Seperti terdapat di hikmat surat Al-Hujurot:1. Hai orang-orang beriman janganlah kamu mendahului, meninggikan suaramu atau bersikap merendahkan (rooina) pada Nabi SAW., (juga pada dzuriyah), bermakna Sunatulohnya (Ketentuan ALLOH SWT)  amanat di anjurkan mengistimewakan atau mendahulukan jatah buat Baginda Nabi SAW., Qorba atau dzuriyah cucu-cucu keturunan beliau SAW.

Nabi SAW., juga bersabda,” Sebaik-baik perempuan adalah perempuan yang beriman.” Beliau SAW., juga bersabda,” Perempuan sebaiknya bersedekah.”

Kemudian bahkan Salahudin dengan laskar Sarasen mengalahkan penjajah, yang bahkan di samping meraih kemerdekaan bangsa di tanah airnya melompat  juga sebagai penguasa internasional modern. Bahkan dengan menaklukkan penguasa-penguasa, elit, kelompok ormas internal yang tadinya penindas, koruptif, tamak, semena-mena, tirani, diktator, markus kejahatan, dholim, keterlaluan melarang, mengekang, membatasi, di luar perikemanusiaan.

Dan kebetulan, maklumat pertama berdirinya negara Indonesia adalah Proklamasi (pernyataan) kemerdekaan,prinsip demokrasinya  adalah jurdil atau jujur dan adil, politik luar negerinya adalah bebas aktif , sejak pertama negara berdiri berstatus sebagai negara  atau bangsa negara merdeka.

Surosowan-Tb Arief Z-art
Font Satria Surosena. (2012) By Tb Arief Z-art
Tb Arief Z-art
Fly over metamorfosis. By Tb Arief Z-art.(2012) Lukisan cat akrilik di kanvas 120 X 90 cm. Price : Rp 3 juta/ 3 million rupiahs
Tb Arief Z-art
The Battle at Jakarta unsatisfy. (2012). By Tb Arief Z-art.
Lukisan cat akrilik di kanvas 3 panel @65 X 165cm= 195 X 165 cm
Price : Rp 3 juta/ 3 million rupiahs (unframe)
Surosowan--Tb Arief Z-art
Di lapak liar depan pasar Senen, 1998 (2011). By Tb Arief Z. lukisan cat akrilik di kanvas 120 X 90 cm. Price : Rp 2,5 juta/ 2,5 million rupiahs
Tb Arief Z-art

istana Surosowan Banten lama

Tb Arief Z-art

Petani di penitipan sepeda pasar Petanahan, Karang anyar, Kebumen. (2010 dan 2012), by Tb Arief Z

Surosowan-Tb Arief Z-flamm ingart

Desain sketsa-1 cover Novel komik petualangan agen 005-Surosena : Perjuangan Kemerdekaan. By Tb Arief Z.

http://wp.me/P22Vy9-4p

4 thoughts on “Tubagus Arief Z-flamming art-Surosena Metamorfosis

    • Oh ini maksudnya ada inspirasinya dari cerita novel agen James Bond, karya Ian Fleming. Sebenarnya cenderung inspirasinya pada penulisnya, si Ian Fleming. Kalo Tubagus, coba baca di kamus Indonesia, artinya bangsawan Banten/ Pangeran Jakarta/ Surosowan. Kan kalo nonton kisah nyatanya Ian Fleming juga bangsawan Inggeris, pernah di tempatkan jadi agen spionase. Kmd dia buat cerita novel agen spionase James Bond/007. Dia juga yg bilang ke Ibunya, kalo mau jadi seniman, bahkan dia juga bisa gambar. Seni juga seperti novel kata (alm) Pak Tino Sidin. Dan novel bisa beragam. Bisa karangan, imajiner, ilustratif, bisa juga realisme, ada juga yg mengambil dari kisah nyata atau imajiner, ada yg di gabung dgn imajiner sbg bumbu. Contoh dari cerita horror Amytivile, atau kisah realita keseharian Pursuit of happiness, kisah perang dunia II-Pearl Harbour,Empire of the Sun, film Janur kuning, dan G30 SPKI, tapi Pak Harto aja ngijinin malahan boleh mengumandangkan gagasan karya seninya ke publik, malahan sempat di pakainya juga sbg propaganda politik kekuasaannya, selagi dia masih punya org2, pasukan, kenapa sesama anak bangsa gak boleh. Toh pada inti rasionalnya rasa keadilan, kalo di kenyataan, kalo di berkarya seni bebas. Atau imajiner di campur sejarah dan realita. Nah saya sekalian tulis pengantarnya buat komik novel. Ato kalau bisa sekalian jadi spionase ya manusia kan bebas aja berkeinginan di samping dg hubungannya sebagai ikhtiarnya. Kalo di bahasa Jawanya kan kajineman, bisa berarti pengkaji, atau realisme menurut istilah barat, tapi bisa juga sebagai penegak keadilan, bisa juga berlisensi sebagai pembunuh, spt tulisan label James Bond, license to kill, tapi dgn kajian ilmu pengetahuan, dan rasa keadilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s