Ekspresi sketsa pemandangan apartemen di Jakarta

Tb Arief Z-art

pemandangan apartemen di jl. Bangka Raya-Kemang (2012), by Tb Arief Z-art. Sketsa pulpen boxy di kertas Arjo Wiggins.

Surosowan-Tb Arief Z-art

Pisau ukir buah Jepara. @1 set Rp 30.000

Surosowan-Tb Arief Z-art

Jingga manten pelaminan adat Banten Darussalam masa klasik (2012), by Tb Arief Z-art. Sketsa efek Adobe psd Cs6

Tb Arief Z-art doc

sudut perumahan warga Jakarta, by Tb Arief Z-art

Di sekitar jl. Bangka dan Kemang kini terdapat pemandangan bermunculannya apartemen-apartemen. Bahkan ada yang masih dalam proses pembangunan di awal 2013 ini. Di samping nampak makin padatnya penduduk di kota Jakarta.

Sempat juga waktu rumah kediaman di renovasi, ada terpikir bagaimana jika rumah kediaman berukuran sekitar 14 X 8 m di bangun hingga 4-5 tingkat. Kemudian ada ruang yang turut di sewakan. Mungkin juga sekedar bayangan rencana misal di masa depan. Tapi duitnya pula dari mana,,,di samping pondasi rumah kebanyakan dari kayu jati. Di mana juga di ragukan kemampuannya menopang hingga 3 atau 4,apalagi 5 tingkat.  Perlu pertimbangan penggantian konstruksi besi beton. Belum lagi biaya dan tempat di mana lagi sementara jika rumah kediaman di bongkar dan di bangun ulang dari awal pondasi.

Tapi, rumah kediaman juga terletak di posisi strategis, bahkan area aman banjir. Lokasinya berharga.

Tb Arief Z-art

lukisan Banjir. di sudut Jakarta. By Tb Arief Z. (2004). lukisan cat minyak di kanvas 100 X 120 cm. Price : Rp 2 juta

Dan jika di bangun tambahan hingga 4-5 tingkat mungkin saja bisa di fungsikan dengan ruang tambahan, ruang studio dan galeri lukisan dengan gambar pribadi, ruang kumpul keluarga dan kerabat, tamu-tamu, sekalian kos-kosan, ruang gudang. Atau di bawahnya sekalian ada bagian ruang sewa buat kantin di depannya menghadap  teras dan halaman. Karena di jl. Bangka juga mulai banyak usahawan kuliner.

Di samping ada juga kadang kecurigaan, jika ada pihak-pihak yang mencoba melakukan upaya-upaya tekanan hingga keluarga atau anaknya menjual rumah kediaman ini, mungkin juga mengincar lokasinya karena area aman banjir. Bisa dengan teror mengirim seperti gangguan motor-motor atau mobil yang kerap berlintasan onar, bising. Kekhawatiran lainnya dengan cara lain, bom. Tapi jika ada konspirasi apalagi di tengah kawasan warga mungkin jauh dari kemungkinan itu, tapi kekhawatiran lainnya dengan cara-cara lain, misalkan penekanan di ekonomi, atau melalui embargo tersembunyi.

Tapi, semoga khusnuzon (baik sangka) yang utama menjadi nyata ketimbang  su’uzon (dugaan buruk sangka) tapi malah menjadi nyata.

Di belakang rumah kediaman juga terdapat tanah lapang kosong. Dulunya di jaga mantan Rt Pak Karim. Kemudian sempat jadi bengkel kerja.Kemudian di kosongkan lagi lantaran warga sekitar termasuk dari keluarga rumah kediaman mengeluhkan kebisingannya bekerja tukang-tukangnya hingga larut malam. Bahkan bedengnya di bangun sampai menempel ke bagian belakang rumah. Di mana di terasnya pun tukangnya bisa terdengar masih ngobrol hingga dari larut malam ke pagi.

Surosowan art-doc

sendang-kalasan-2http://wp.me/pXiA3-9P

Pernah suatu hari seusai Subuh, pulang bareng tetangga Bang Rawi yang juga mengatakan masih keturunan dari P. Jayakarta. Berarti juga saudara sepupu. Ngobrolnya hingga persis berhenti di depan pagar tanah lapang kosong hampir seukuran lapangan bola. Bang Rawi membicarakan topiknya ke tanah lapang kosong tersebut.

Bang Rawi mengatakan pendapatnya, seandainya tanah kosong di jadikan sumur air. Di mana bisnis air bersih dispenser juga sedang bagus. Dan ucapannya sambil nyengir dan bercanda ala rupanya dengan wajah dan dialek Betawinya.

Memang bagus juga sarannya. Apalagi kini Jakarta juga perlu area resapan air, supaya seimbang tata kota dengan area resapan air, sambung pendapat pribadi. Demikianlah percakapan 2 anak betawi lama di depan tanah kosong yang kepemilikannya punya orang lain.

Tapi membayangkan juga enaknya terdengar suara sumur air di keseharian kota Jakarta,apalagi di sebelah rumah kediaman.

Sambil juga membayangkan dengan warga  tetangga sekitar jadi turut kecipratan bisnis sumur air dispenser. Insya ALLOH. Ada juga di benak bagus juga jika misal masih ada area tersisa bisa di tanami tanaman buat pangan misal singkong, atau dengan buah.

Di jl. Bangka ketika ada tanah juga dulunya di sebut jalannya dengan nama kebon. Misal jl. Kemang dari buah Kemang. Di halaman rumah, tanam belimbing juga manis. Pohon kecapi buahnya juga manis. Nangka juga manis. Pohon kelapa juga berbuah. Pohon sawo juga manis. Apalagi tanahnya di tingkat yang aman dari banjir di Jakarta. Dan dulunya juga latarnya wilayah kebon sejak jaman Batavia. Apalagi jika di tambah taman, bercampur pijakan rumput hijau. Hingga membuat pelengkap elemen asri di Jakarta.

Apalagi belakangan juga di ketahui terdapatnya kadang terdapat kegiatan pasar malam/ bazar lapak  juga di sekitar di tanah kosong tersebut. Apalagi ketika menjelang hari raya Idul Fitri/ Romadhon. Tapi ungkapan ini juga sekedar aspirasi/ usulan pendapat.

Dan sesuai hak demokrasi, penentu utamanya adalah si wewenang haknya.

Tb Arief Z-art

Fly over metamorfosis. By Tb Arief Z-art.(2012) Lukisan cat akrilik di kanvas 120 X 90 cm. Price : Rp 3 juta/ 3 million rupiahs

Surosowan--Tb Arief Z-art

Di lapak liar depan pasar Senen, 1998 (2011). By Tb Arief Z. lukisan cat akrilik di kanvas 120 X 90 cm. Price : Rp 2,5 juta/ 2,5 million rupiahs

Surosowan-Tb Arief Z-art

Pisau ukir buah Jepara. @1 set Rp 30.000

Surosowan-Tb Arief Z-art

Motor Jagur (2012), by Tb Arief Z-art. lukisan di kaos hitam.
Price : Rp 80.000

Tb Arief Z-art

kaos ford van ac at Surosowan-Tubagus Angke coco bay-Ancol. By Tb Arief Z-art. Price : Rp 80.000

Tb Arief Z-art

kaos kartun fico vespa. (2012). By Tb Arief Z. Price : Rp 80.000

Tb Arief Z-art

kaos Macan Ali, by Tb Arief Z-art.
Price : Rp 80.000

Wallohu a’lam bishshowab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s